Shawshank Redemption + Subtitle Indonesia

July292013

Directed : Frank Darabont
Produced : Niki Marvin
Screenplay : Frank Darabont
Based on : Rita Hayworth and Shawshank Redemption by Stephen King
Narrated : Morgan Freeman
Starring : Tim Robbins | Morgan Freeman | Clancy Brown
Music : Thomas Newman
Cinematography : Roger Deakins
Editing : Richard Francis-Bruce
Studio : Castle Rock Entertainment
Distributed : Columbia Pictures | Rank Organisation
Release date : September 23, 1994 (limited) | October 14, 1994 (North America)
Country : United States
Language : English

Rasanya cukup wajar bila film ini menjadi nomor satu di peringkat IMDB TOP 250, karena film yang disutradarai oleh Frank Darabont ini sarat akan nilai-nilai moral. Film yang bercerita tentang kehidupan di sebuah penjara bernama Shawshank ini mengambil setting waktu di tahun 1947. Penjara ini adalah tempat berkumpulnya para terpidana seumur hidup, tempat berkumpulnya terpidana bermacam dakwaan mulai dari perampokan hingga pembunuhan.

Entah sudah berapa kali saya menonton film ini. Sepertinya setiap selesai menonton film ini, ada sesuatu yang baru yang saya dapatkan. Meskipun film ini dirilis tahun 1994 lalu, namun film ini tidak menjadi usang termakan masa. Memang pantas film ini mendapatkan voting terbanyak dari para penonton yang suka dengan kisahnya. Namun yang unik dari film ini, meskipun menduduki tingkat pertama di IMDB Top 250, film ini tak memenangkan satu pun penghargaan meski diganjar dengan 7 nominasi di Academy Awards 1995.

Nominasi yang didapatkan bukan main-main karena di antaranya ada Best Actor in a Leading Role untuk Morgan Freeman dan Best Picture. Nominasi Best Cinematography untuk Roger Deakins memang pantas diberikan karena dirinya berhasil membawa penonton menelusuri visual set penjara yang kelam dan gelap selama kurang lebih 142 menit. Di ajang Academy Awards 1995, nasib baik lebih memilih Forrest Gump sebagai pemenangnya.

Film ini sendiri diangkat dari cerita pendek Rita Hayworth and the Shawshank Redemption karya novelis Stephen King. Meski film ini banyak dipuji kritikus, namun nyatanya film ini tak begitu sukses saat peredarannya. Bahkan kabarnya hasil perolehan yang didapatkan selama masa penayangannya tidak bisa menutup anggaran yang dihabiskan untuk biaya produksinya. Film ini baru mendapatkan kesuksesannya saat ditayangkan oleh TV kabel dan dirilis dalam format home video (VHS, DVD, dan Blu-ray) beberapa tahun kemudian.

Hal-hal yang baik tidak akan pernah mati, demikian pula halnya dengan sesuatu yang bernama Harapan. Harapan, itulah yang dimiliki oleh Andy Dufresne (Tim Robbins) begitu dirinya dimasukkan ke Penjara Negara Shawshank yang terletak di Maine, salah satu negara bagian Amerika Serikat, pada tahun 1947. Andy divonis bersalah oleh pengadilan karena dituduh membunuh istrinya dan pria selingkuhannya dengan sadis. Meskipun menyatakan dirinya tidak bersalah atas tuduhan tersebut, namun nasib pula yang memutuskan dirinya didekam dalam penjara tersebut untuk menghabiskan masa hukumannya selama dua kali seumur hidup tersebut.

Hidupnya yang dulu megah dan berkecukupan sebagai seorang bankir muda di sebuah bank besar berubah sangat drastis begitu menyadari memasuki dunia penjara yang sama sekali asing baginya. Penjara Shawshank dijalankan oleh Kepala Penjara Samuel Norton (Bob Gunton) yang dibantu oleh ajudannya yang terkenal sangat brutal dalam memperlakukan tahanan, Kepala Sipir Byron Hadley (Clancy Brown).

Tak lama berada di penjara itu, Andy memulai persahabatannya dengan seorang narapidana lain bernama Ellis Boyd "Red" Redding (Morgan Freeman) setelah bertransaksi dengan Red untuk mendapatkan sebuah martil. Katanya, martil tersebut akan digunakannya untuk menyalurkan hobinya dengan membuat buah catur dari batu untuk mengisi waktu yang berjalan lambat di penjara. Di antara sesama tahanan, Red dikenal sebagai orang yang mampu mendapatkan apa pun dan memasukkannya ke dalam penjara sebagai barang selundupan.

Di tahun-tahun pertamanya dalam penjara, Andy mengalami masa-masa yang berat dan sulit. Beberapa tahanan yang tergabung dalam sebuah geng, The Sisters yang diketuai oleh Bogs (Mark Rolston) selalu mengganggu dan menganiaya Andy. Tak lama kemudian, Andy berhasil mengambil hati para petugas penjara. Hal ini bermula pada waktu pekerjaan pelapisan atap salah satu bangunan penjara oleh para tahanan terpilih. Di saat itu, Andy mendengar keluhan Hadley mengenai pajak yang akan dibebankan padanya oleh negara saat dia menerima uang warisan dari saudaranya yang kaya. Dengan keahliannya dalam bidang finansial, Andy berhasil meyakinkan Hadley bahwa dirinya dapat terbebas dari pajak uang warisan tersebut.

Kejadian itu membuat para tahanan lain pun kagum pada sosok Andy yang mendekati para petugas penjara bukan dengan tujuan untuk menjilat, namun untuk membuat keadaan di penjara menjadi lebih baik. Keahlian finansial Andy membuat dirinya menjadi akuntan dan penasihat keuangan bagi hampir semua petugas yang ada di penjara, utamanya Kepala Penjara Norton. Lewat Andy, mereka dapat menghindari atau mengurangi pajak. Malah, proyek yang digagaskan oleh Norton untuk pendayagunaan penjara ternyata menjadi sumber uang kotor bagi Norton sendiri.

Dengan bantuan Andy, uang kotor hasil korupsi itulah dicuci dengan mengatas namakan orang fiktif bernama Randall Stevens. Karena menyenangkan hati petugas penjara, Andy pun terbebas dari gangguan The Sisters setelah Bogs dibuat cacat oleh Hadley. Bukan cuma itu, perpustakaan penjara berhasil dibangun dan Andy diperbolehkan untuk menjalankan program ujian kesetaraan untuk para tahanan yang menginginkan pendidikan yang lebih baik. Tidak seperti tahanan lainnya yang begitu takut dan putus asa begitu akan dibebaskan setelah dipenjara dalam waktu yang sangat lama, Andy masih memiliki harapan.

Berbekal harapan itulah, dia berhasil bertahan melalui dua dekade di Shawshank hingga akhirnya Andy memutuskan mengambil tindakan yang tidak pernah bisa dibayangkan oleh orang, tindakan yang memang sudah direncanakannya saat pertama kali memasuki ruang selnya di tahun 1947 lalu. Red sahabatnya yang pesimis bisa keluar dari penjara itu hidup- hidup menganggap apa yang akan direncanakan Andy adalah sesuatu yang mustahil dan gila. Red yang diceritakan impian Andy menganggap bahwa Andy sudah sinting dan putus asa karena telah lama berada di balik tembok Shawshank yang tebal dan tinggi. Apakah rencana Andi itu? Akankah rencana itu bisa berhasil?

Download :

Shawshank Redemption-part01.3gp

Shawshank Redemption-part02.3gp

Subtitle :

Shawshank Redemption-part.zip

Share on Facebook Share on Twitter

Comments

13 responses to "Shawshank Redemption + Subtitle Indonesia"

newbie on 02:39 PM, 29-Jul-13

Assalamu'alaikum wr wb

kunjungan siang masta

Harry on 02:50 PM, 29-Jul-13

filmnya keren neh, tapi sementara belum download dulu sob smile
berkunjung aja neh sob, sukses terus ya buat semuanya....

MRoby96 on 04:11 PM, 29-Jul-13

ane nitip komen aja maz.

deluso on 04:32 PM, 29-Jul-13

jempol bt movie ini biggrin

baedowi on 06:13 PM, 29-Jul-13

bro numpang tanya, kok gw belum pernah dapet nominasi ya bro

fajargheatell on 03:30 AM, 30-Jul-13

kyaknya seru th flm...

RпЯ 97 on 07:25 AM, 30-Jul-13

CWEK JEPANG MENGGODA biggrin HAHAHAHA.

MAX!! KOLOR GAS!! TOT! TOT! TOT! NGEN . . . ASUDAHLAH lol

hitzfild on 08:57 AM, 30-Jul-13

huhh dasar bkin rang bgungrazz
wkwkwk..

Nando on 01:40 PM, 30-Jul-13

Assalamualaikum sob,ijin mau liat" and pilih" dl sobsmileklo sobat berkenan,mampir ya sob k blog sayabiggrinthanks sob..

hitzfild on 03:27 PM, 30-Jul-13

wow bangetz

ari wibowo on 08:31 PM, 30-Jul-13

Redemption-

Sekul on 09:16 PM, 30-Jul-13

Kunjungan malam ajja kangbiggrin

http://sekul.pun.bz/tips-cara-menulis-yang-baik-dan-efektif.xhtml

Muhammad Faiz on 09:26 PM, 30-Jul-13

Rencananya aku dri dulu mau download film ini sob. Memang hebat, rating di IMDb 9.2

Subscribe to comments feed: [RSS] [Atom]

New Comment

[Sign In]
Name:

Comment:
(Selected BBCode tags allowed)

 
Back to top